Sabtu, 19 Desember 2009

Tokoh OPM Kwelly Kwalik Tewas


Pemimpin tertinggi kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Wilayah Timika, Kelly Kwalik tewas setelah ditembak tim Detasemen Khusus 88 Mabes Polri dan personel Polda Papua.

Kelly Kwalik ditembak di Gorong-Gorong, Kwangki Lama, Mimika, Kabupaten Mimika, Rabu pagi, karena pria itu melawan saat diminta menyerah dalam penggerebekan, kata polisi.

Dia sempat dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan atas luka yang dia diderita, tapi akhirnya meninggal. Tim dokter forensik kepolisian kini tengah mengidentifikasi jasadnya dengan uji DNA.

Kelly Kwalik, dicari-cari oleh aparat TNI dan Polri selama puluhan tahun berkaitan dengan aktivitas separatisme.

Dia antara lain dituduh memerintahkan penyerangan di kawasan tambang Freeport pada tahun 2002, yang menewaskan dua warga Amerika dan seorang warga Indonesia.

Ketua umum Persekutuan Gereja-Gereja Baptis di Tanah Papua, Pendeta Sokrates Sofyan Yoman, yang bersimpati dengan perjuangan kemerdekaan Kelly Kwalik, mengatakan Kelly tidak terlibat dalam sejumlah insiden pembunuhan di Tembagapura beberapa bulan lalu.

Aktivis Jaringan Advokasi Penegakan Hukum dan HAM, Theo Hesegem, dia menyesalkan pembunuhan Kelly Kwalik.

Dalam wawancara dengan BBC, Theo berpendapat pembunuhan Kelly Kwalik akan mengganggu dialog masyarakat Papua yang sedang dirancang LIPI. (bbc)

sumber: http://kabarnet.wordpress.com/2009/12/17/tokoh-opm-kwelly-kwalik-tewas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar